Senin, 12 Januari 2015

Cara Kerja Sistem Absensi dengan Sidik Jari

12.48

Kali ini kami membahas bagaimana sistem/cara kerja Absensi dengan Sidik Jari. Cara kerja absensi dengan sidik jari berbeda-beda bergantung pada jenis sensornya. Sedang jenis absensi sidik jari ada dua:

1. Absensi PC Based
2. Absensi Standalone

Kali ini kami membahas mengenai cara kerja absensi stand alone. Absensi sidik jari stand alone adalah alat absensi menggunakan sidik jari yang dapat berdiri sendiri tanpa terhubung dengan komputer pada waktu  di gunakan. Sensor mesin absensi sidik jari stand alone sangat signifikan dan sensitif dalam mengenali sidik jari. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi sidik jari menggunakan sistem optikal, dimana pendeteksian dilakukan dengan pembacaan kontur atau tinggi rendahnya permukaan sidik jari dan listrik statis tubuh. Hal ini menghasilkan tingkat keamanan yang tinggi, karena tidak bisa dipalsukan dengan foto copy sidik jari, sidik jari tiruan bahkan dengan cetak lilin yang detail dengan guratan-guratan kontur sidik jari sekalipun.

Cara Kerja Sistem Absensi dengan Sidik Jari

Sistem kerja absensi tanpa terhubung komputer atau di sebut “stand alone” tidak seperti absensi sidik jari online atau terhubung dengan komputer. Dari segi pembacaan sidik jari hampir sama tetapi cara pengiriman data berbeda. Semua transaksi terecord di alat terlebih dahulu. Dalam konteks tanpa terhubung computer ini bukan berarti murni menggunakan absensi tanpa komputer yang bisa dibaca secara manual. Jadi perlu kita garis bawahi yang di maksud tanpa komputer disini adalah pada waktu menggunakan absensi atau transaksi untuk pengolahan data tetap saja menggunakan aplikasi yang terinstal dalam komputer.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan sidik jari karyawan untuk selanjutnya karyawan dapat menggunakan jarinya sebagai absensi tentu saja dengan jari yang sudah tersimpan di alat. Jadi karyawan tidak perlu repot-repot membawa kartu atau kertas amano.

Pada dasarnya alat absensi sidik jari stand alone bisa menerima jam berapapun tanpa terpengaruh oleh setingan jam kerja yang kita buat di aplikasi attendace management yang disertakan setiap alat absensi. Karena fungsi daripada alat absensi disini sebagai record keluar-masuk karyawan. Data yang dihasilkan dari mesin absensi sidik jari berupa record cek in dan cek out atau log transaksi. Setelah data absensi tersimpan selanjutnya data kita download dari alat absensi dengan koneksi yang telah include dalam program aplikasi tetapi beberapa absensi stand alone seperti Enterprise 2000 dan Multimedia Series data bisa real time terlihat langsung dengan terkoneksi komputer.  Data record dari absensi akan di kalkulasi oleh aplikasi yang berisi parameter-parameter yang telah disesuaikan dengan jam kerja dan jadwal kerja.

Hasil data absensi pada akhirnya akan menghasilkan data laporan dari record masuk, pulang, terlambat, pulang cepat  sampai total jam kerja sesuai kebutuhan perusahaan. Begitulah sistem kerja absensi sidik jari pada umumnya.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Mesin Absen Sidik Jari Murah - Mesin Absensi Fingerprint Terbaik. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top